Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Sekolah Dasar di Padalarang Kabupaten Bandung Barat

February 6, 2020 welly

Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika Universitas Nurtanio adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM).   Kegiatan ini dilaksanakan secara bersamaan yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa program studi Informatika. Untuk tahun 2020 ini penyelenggaraan dilakukan pada 2 SD yaitu SD MI Al Adzkar di Desa Ciburuy dan SD MI Al-Islamiyah di desa Kertamulya Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari tanggal 28 November 2019 dan berakhir pada tanggal 29 Januari

2020.   Pada kegiatan ini mengusung tema Media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi untuk Kemajuan Pendidikan, dengan menerapkan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran gerakan shalat dan pengenalan rumah adat serta alat musik tradisional Indonesia.   Menurut Wikipedia didefinisikan Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Pada implementasi AR Gerakan Shalat menggunakan media buku sebagai marker untuk memproyeksikan animasi 3D berupa gerakan shalat yang diikuti dengan suara bacaan shalat. Suara yang ada berupa doa-doa shalat serta surat Al Fatihah dan surat Al Ikhlas. Aplikasi AR berbasis Android diinstal pada handphone sehingga anak-anak bisa melihat sendiri  bagaimana  aplikasi  berjalan. Sedangkan  untuk  rumah  adat  dan  alat  musik  tradisional Indonesia menggunakan marker untuk memproyeksikan animasi 3D berupa rumah adat dan alat musik disertai dengan penjelasan dan lagu daerah asal.

Puncak acara dilakukan pada hari Rabu 29 Januari 2020 berupa penyerahan produk AR dalam bentuk buku marker dan aplikasi AR.  Penyerahan produk AR diterima langsung oleh kepala sekolah SD MI Al- Islamiyah dan juga kepala sekolah SD MI Al Adzkar. Dari perbincangan dengan kepala sekolah, guru, dan siswa, mereka sangat senang dengan kegiatan ini dan berharap masih ada kegiatan lanjutan yang dapat dilaksanakan untuk menambah wawasan siswa tentang perkembangan teknologi informasi dan dapat memotivasi minta belajar siswa sd.